Perluas Pasar, Dosen USM Berikan Pelatihan Penyusunan Company Profil
SEMARANG- Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) yang terdiri atas dosen Fakultas Ekonomi memberikan Pelatihan Penyusunan Company Profil dalam upaya memperluas pasar pada pelaku usaha bawang goreng dikampung tematik Cibagor yang di bina oleh Ibu Sunarti selaku perintis pertama di Jl. Cimandiri 8 Rt. 008 Rt. 002 Kel. Mlatiharjo Kec. Semarang Timur pada Jum’at, 3 Mei 2024
Kegiatan yang didanai oleh Universitas Semarang (USM) ini dihadiri oleh pelaku usaha bawang goreng di kampung tematik cibagor dengan mengambil tema “Pelatihan Penyusunan Company Profildalam upaya memperluas pasar pada kampung tematik cibagor” Tim PkM USM terdiri atas dosen Fakultas Ekonomi USM yaitu Sulistyorini,.S.E,.M.M. Dr. Any Setyarini, S.E.,M.M. dan Yohana Agusrina, S.Pd., M.Pd. Selain itu juga melibatkan dua mahasiswa Universitas Semarang yaitu Afshoqul Miftah dan Avillia Shafira Fitriana.
Ketua tim Pengabdian Sulistyorini mengatakan profil usaha tidak hanya memberikan gambaran yang jelas tentang identitas dan tujuan sebuah usaha, tetapi juga membantu dalam membangun hubungan yang positif dengan pelanggan, meningkatkan daya saing di pasar, dan mencapai kesuksesan jangka panjang.
Sementara Any Setyarini menambahkan bahwa Profil usaha seperti ini menyoroti keunggulan produk, komitmen terhadap kesehatan, dan visi perusahaan untuk memperluas pasar.
“Dengan menyajikan informasi yang menarik dan relevan, profil usaha ini dapat membantu dalam memperluas jangkauan pasar dan menarik perhatian konsumen baru,” ungkap Any Setyarini.
Belum adanya profil usaha pada pelaku usaha bawang goreng dikampung tematik cibagor dalam memperluas pasar menjadikan pengabdian ini menjadi sangat antusias, dilihat dari banyaknya diskusi dan tanya jawab yang diberikan oleh mitra, dimana mitra menggali pengetahuan untuk memulai pembuatan profil usaha dan dibantu oleh tim pengabdian dalam mengambil gambar profil bawang goreng yang menarik.
“Dengan adanya profil usaha menambah informasi mendalam tentang identitas, visi, misi, produk atau layanan, dan tujuan usaha bawang goreng kedepan. Ungkap “Ibu sunarti”selaku perintis utama,” tambah Any Setyarini.
Senada dengan Any Setyarini, Yohana Agusrina menjelaskan tujuan dalam profil usaha Profil usaha yang menarik dan informatif dapat membantu menarik perhatian pelanggan baru. Dengan menyoroti keunggulan produk atau layanan, serta memberikan informasi kontak yang jelas, profil usaha dapat menjadi alat pemasaran yang efektif untuk menarik pelanggan baru dan memperluas pangsa pasar.