Entertainment

Bagus, Mahasiswa USM Kuliah Sambil Ternak Kambing

SEMARANG – Kuliah sambil bekerja. Itulah yang saat ini sedang dilakoni oleh Muhammad Bagus Widiyanto. Di tengah aktivitasnya sebagai mahasiswa, dia memelihara kambing sebagai pilihan bisnisnya.

”Ya, saya kuliah sambil beternak kambing. Selain hasilnya bisa untuk kuliah, juga bisa menabung. Yang penting, usaha saya halal,” kata mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Semarang (USM).

Bagus mengungkapkan, usaha ternak kambing dia lakukan sejak awal masa pandemi.

”Awal merintis bisnis ini sejak tahun 2020 saat covid-19 masuk ke Indonesia. Saat itu perkuliahan dilaksanakan secara daring,” katanya.

Dalam mengurus usahanya, Bagus pun tidak terlepas dari beberapa kendala, misalnya dia harus membeli pakan ternak dikarenakan tidak ada waktu untuk mencari rumput, transportasi yang kurang, dan beberapa penyakit yang menimpa hewan ternaknya.

Meksi begitu, Bagus tidak langsung menyerah. Bahkan menjadikan permasalahan dalam usahanya sebagai bahan pembelajaran.

”Saya tidak mudah menyerah dan saya suka belajar supaya mengetahui masalah-masalah apa yang bisa menyebabkan kerugian dalam usaha, sehingga kedepan bisa semakin lancar,” ungkap Bagus.

Menurutnya, untuk memulai usaha harus menghilangkan sifat gengsi. Selain itu juga harus displin dan tidak boleh menyerah.

”Untuk para mahasiswa bersungguh sungguh dalam kuliah, jangan suka menunda tugas, skripsi, teruslah belajar, jangan takut untuk mulai usaha, hilangkan sifat gengsi,” tandas Bagus.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top