Fakultas

BEM FPsi USM Gelar Seminar Psychoforia

SEMARANG – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) menggelar Seminar Psychoforia “Body Language and Micro-Expression” di Auditorium Ir Widjatmoko USM pada Sabtu (27/8).

Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan Fakultas Psikologi Dr Erwin Erlangga SPd MPd ini menghadirkan Psikolog Klinis Grace Maretta AZ SPsi MPsi sebagai narasumber.

Dr Erwin Erlangga mengatakan, bahwa kegiatan ini diikuti oleh sekitar 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa, siswa SMA/SMK/MA

Ia juga mengatakan, seminar ini menjadi tempat memperkenalkan fakultas psikologi ke masyarakat umum.

“Adanya kegiatan ini bertujuan untuk mengenali dan memahami pesan atau makna lawan bicara dari bahasa tubuh dan ekspresi wajah,” harap Erwin.

Grace Maretta menyampaikan materi “How to Analyze People and Find Meaning from Body Language and Micro-expression”.

Dalam materinya, Grace menjelaskan Body language atau gerakan tubuh merupakan gerakan yang dialami seseorang tanpa sadar dilakukan dan tanpa ada rekayasa maupun kebohongan.

“Gerakan tersebut sebenarnya tidak ingin diberikan dan tidak dapat dikontrol atau terlepas dengan sedirinya,” tandasnya.

Sedangkan micro-expression adalah ekspresi wajah yang sangat singkat, hanya berlangsung sepersekian detik.

“Micro-expression terjadi ketika seseorang dengan sengaja maupun tidak sadar menyembunyikan perasaan,” jelas Grace.

Pada kegiatan ini juga dimeriahkan dengan performa Band Padipi, serta dipandu oleh Shafa Aulia Ramadhani SPsi dan Cinta Meta Tarsal sebagai moderator.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top