Fakultas

Fakultas Teknik USM Jalin Kerjasama dengan FTSP ITNY

SEMARANG – Selasa, (8/11), Fakultas Teknik Universitas Semarang (FT USM) melalukan kunjungan ke Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Teknologi Nasional Yogyakarta (FTSP ITNY).

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka studi banding Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Semarang (PWK USM) ke Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (PWK ITNY).

Selain studi banding antar kedua Prodi tersebut, kunjungan dilakukan dalam rangka menjalin kerjasama antar Fakultas untuk dapat bersinergi dalam berbagai kegiatan.

Kepala Lembaga Pengembangan Kerjasama ITNY Hita Pandita, menyampaikan bahwa saat ini kerjasama antar perguruan tinggi sudah menjadi hal yang wajib dilaksanakan dan didorong oleh Kemdikbud, terutama dengan adanya MBKM

“Sehingga pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi dapat diperoleh dengan optimal,” ungkapnya.

Yusliana, Kaprodi PWK ITNY, menambahkan saat ini banyak kegiatan kerjasama yang dapat dilakukan antar Prodi PWK, seperti Join Studio, Join Research, Pertukaran Pelajar, dan Membangun Desa. Kegiatan ini nantinya dapat dikonversi maksimal 20 sks sebagai bentuk pelaksanaan MBKM Mandiri.

“Kunjungan dan studi banding ini merupakan bentuk refleksi diri serta penggalian ilmu dan pengalaman dari PWK ITNY”, ujar Hendrianto Sundaro (Kaprodi PWK USM).

Dengan adanya kerjasama antar prodi, laboratorium sebagai ujung tombak pelaksanaan kegiatan prodi dapat dikembangkan dengan lebih baik lagi dan mampu menghasilkan income untuk pengembangan Prodi. MoU dan PKS antar Lembaga ini menjadi penguat dalam pelaksanaan kegiatan bagi kedua belah pihak.

Sementara itu, Rektor ITNY Dr. Ircham menyambut baik kunjungan dan kerjasama dari FT USM dan berharap segera ada realisasi kegiatan untuk penguatan dan pengembangan kedua belah pihak.

Kunjungan diakhiri dengan Benchmark ruang laboratorium Geoinformasi dan Komputasi PWK ITNY dan ruang Studio PWK ITNY.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top