Kampus

LPPM USM Gelar Coaching Clinic Penulisan Artikel pada Jurnal Ilmiah

SEMARANG – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Semarang (USM) menggelar Coaching Clinic Penulisan Artikel pada Jurnal Ilmiah Terakreditasi dan Bereputasi dengan tema “Menyiapkan Artikel Ilmiah Jurnal dari Laporan Penelitian” pada Kamis (1/9) di Aula Gedung Prof Ir Joetata, Lantai 6 USM.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Ir Hj Kesi Widjajanti SE MM, Wakil Rektor II USM Dr Titin Winarti SKom MM, Ketua LPPM USM Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani MT.

Dr Titin Widjajanti mengatakan, benefit atau manfaat publikasi jurnal ilmiah bukan hanya untuk diri sendiri melainkan bermanfaat bagi institusi.

“Manfaat publikasi jurnal ilmiah bukan hanya dapat dirasakan oleh diri sendiri, melainkan juga dapat bermanfaat bagi institusi khususnya Universitas Semarang,” ujar Dr Titin.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu bukti nyata dari hasil karya dosen.

“Dimana kegiatan ini dapat membantu para dosen untuk mengatur strategi dalam penulisan jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional yang bereputasi,” tandasnya.

Dr Titin menuturkan bahwa kegiatan ini sangat didukung oleh Universitas Semarang, dengan harapan disetiap masing-masing fakultas dapat menghasilkan satu jurnal untuk menjadi jurnal internasional dan Bereputasi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua LPPM USM sekaligus moderator Coaching Clinic Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani MT mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan profesional dalam penulisan ilmiah bagi Dosen USM.

Hal ini dilatar belakangi oleh publikasi jurnal ilmiah yang masih rendah, maka dengan kegiatan ini dapat meningkatkan semangat para dosen untuk menulis jurnal ilmiah.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas bagi dosen serta bermanfaat dalam mengatur strategi agar ambis dalam penulisan jurnal ilmiah nasional maupun internasional Bereputasi,” ucap Prof Mudji.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan jurnal profesor di USM, meningkatkan SDM, serta meningkatkan jumlah publikasi jurnal ilmiah,” harapnya.

Adapun narasumber pada kegiatan ini yaitu Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Sekolah Pasca Sarjana UNDIP Semarang Prof Dr Ir Hadiyanto ST MSc IPU.

Hadiyanto menjelaskan jurnal bereputasi internasional adalah jurnal yang telah memenuhi kriteria dan diterbitkan oleh asosiasi profesi ternama di dunia atau Perguruan Tinggi atau Penerbit (Publisher) kredibel.

“Sebuah artikel dapat dikatakan baik apabila sesuai dengan ruang lingkup jurnal, mengandung sesuatu yang baru untuk dipublikasi dalam jurnal ilmiah, banyak orang yang akan membaca makalah dan menggunakan pengetahuan yang ada untuk digunakan, jumlah unduhan, kutipan, dan kualitas yang dilihat dari substansi dan cara menulisnya,” jelas Hadiyanto.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top