Kampus

Rektor USM: Banyak Kesuksesan Seseorang Bukan karena Kepintarannya, tapi Komunikasinya

SEMARANG – Komunikasi itu sangat penting dalam dunia kerja. Banyak kesuksesan seseorang bukan dari kepintarannya, tetapi karena komunikasinya. Komunikasi akan menciptakan networking, kemudian melahirkan database problem solving.

Hal itu diungkapkan Rektor USM, Dr Supari ST MT saat membuka Seminar Interpersonal Skill for Your Career yang digelar USM Career and Alumni Center (UCAC) pada Sabtu (17/09/2022) di Auditorium Ir Widjatmoko USM secara hybrid.

Dalam acara tersebut panitia menghadirkan tiga narasumber. Mereka adalah Ketua Umum BPD Hipmi Jateng Wulan Rudy Prasetyo SE, Engineering Career Center Universitas Gadjah Mada Siska Marga Rene SPsi MPsi Psi, Dirut PT Indo Agro Semesta dan Sekjen IKA USM Rully Tyas Fitriani ST. Kegiatan dimoderatori Ayang Fitrianti SS MIKom.

Rektor menjelaskan, seorang sarjana memiliki 3 jenis komunikasi yang tertuang di dalam skripsi atau tugas akhir. Pertama, komunikasi dalam bentuk gambar, jadi ketika berada di lapangan saat bekerja hanya melihat gambar kemudian merealisasi apa gambar itu.

Kedua adalah tulisan, ada orang yang menulis kemudian dibaca dan menerjemahkannya dalam bentuk tindakan.

”Yang ketiga adalah verbal dari berbagai bahasa, mulai yang grammarnya bagus sekali sampai bahasa tubuh,” jelas Supari.
Dalam kesempatan itu Rektor juga menyampaikan tugas utama mahasiswa adalah menyelesaikan studi.

”Setiap mahasiswa USM selalu saya ingatkan, tugas utama mahasiswa adalah menyelesaikan studinya dengan baik,” katanya.

Semetara itu, Ketua UCAC USM, Tiasa Adi Magistra ST MPWK mengatakan, seminar Interpersonal Skill For Your Career ini bertujuan agar para calon wisudawan siap terjun di dunia kerja.

”Tujuan kegiatan ini para calon wisudawan USM siap memasuki dunia kerja. Mereka bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah di perusahaan impian,” ujar Tiasa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top