Fakultas

Tim PkM FTP USM Kenalkan Agar-Agar Sehat dari Rambut Jagung

SEMARANG – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (USM) menggelar kegiatan sosialisasi dan pelatihan dengan tema “Teknologi Pascapenen Jagung dan Pemanfaatan Limbah Rambut Jagung”, bagi 70 siswa kelas 10 dan 11 SMK Negeri H Moenadi Ungaran, pada Senin 6 Juni 2022, di SMK Negeri H Moenadi Ungaran, Kabupaten Ungaran.

Kegiatan PkM ini diawali dengan Pemaparan mengenai teori pascapanen jagung oleh Zulhaq Dahri Siqhny ST MT, Kemudian paparan mengenai potensi rambut jagung untuk kesehatan Oleh Ir Ery Pratiwi MP, pelatihan pembuatan agar-agar sehat dari rambut jagung yang dipandu oleh Dr Ir Haslina MSi, dan dibantu oleh dua mahasiswi USM Putri Angelica Dan Anisa Julia.

Dr Ir Haslina MSi mengatakan Tujuan kegiatan ini adalah sebagai peningkatan kemampuan siswa dalam memanfaatkan limbah pasca panen.

“Tujuan PkM ini yang diusung oleh Tim adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa siswi SMK Moenadi dalam memanfaatkan limbah pasca panen rambut jagung. Selama ini rambut jagung dinilai tidak memiliki nilai ekonomi. Padahal rambut jagung mengandung senyawa flavonoid yang berguna untuk Kesehatan,” ucap Dr Haslina.

“Selain itu, kegiatan Pengabmas ini juga memberikan gambaran yang real mengenai bidang keilmuan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) yang aplikatif untuk masyarakat,” tambahnya.

Dr Haslina menambahkan, Ia berharap kedepannya kegiatan PkM ini dapat meningkatkan minat peserta untuk menjadikan rambut jagung memiliki nilai jual melalui peluang usaha pembuatan agar-agar sehat dari rambut jagung.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top