Tingkatkan Market, Dosen USM Berikan Materi Optimalisasi Sosial Media Instagram
SEMARANG- Dosen Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (USM) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menggandeng Gerai Kopimi Kecamatan Semarang Selatan merupakan wadah silaturahmi bagi para pelaku UMKM di Kota Semarang pada Rabu, 1 Nopember 2023.
Kegiatan yang berupa pelatihan optimaliasisi digital marketing terkait optimasi Instagram dengan Search engine optimization (SEO).
Materi disampaikan oleh Pratama Angga Buana, S.Kom, M.Kom dibantu oleh Dr.Titin Winarti, S.Kom, MM dan Edi Widodo, S.Kom, M.Kom.
Kepala Kecamatan Semarang Selatan Ronny Tjahjo Nugroho, S.Sos, MM mengatakan bahwa para pelaku UMKM saat ini mulai bangkit kembali setelah mengalami masa-masa transisi pandemik tahun lalu. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan diri dalam bentuk pelatihan-pelatihan mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkan sosial media untuk meningkatkan pemasaran usahanya.
Sementara Pratama Angga mengatakan untuk menunjang pemasaran serta interaksi antara UMKM dengan pelanggan maka, Universitas Semarang melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat memberikan pelatihan digital marketing terkait optimasi Instagram dengan SEO. Pelatihan ini dihadiri oleh beberapa pelaku UMKM masing-masing kelurahan di Kecamatan Semarang Selatan.
“Sebanyak 18 peserta pelaku UMKM hadir, menyimak dan mempraktikkan materi yang diberikan, antara lain : Pentingnya Sosial Media Marketing, Brand Awareness, dan Optimasi Instagram dengan SEO,” ungkap Pratama Angga
“Instagram untuk bisnis itu poto profilnya haruslah logo bisnisnya, dan namanya akun dan display namenya juga harus terkait dengan bisnis agar dapat menunjang pemasaran dari bisnis tersebut,” tambahnya.
Liestijani, salah satu pelaku UMKM menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat membawa dampak positif bagi para pelaku UMKM, khususnya untuk menghadapi era digitalisasi sekarang ini khususnya bagi para peserta yang sudah lansia.
Diakhir acara para peserta semakin semangat dan senang karena memperoleh souvenir yang dapat menunjang dalam kegiatan optimasi pemasaran pada sosial media Instagram. Selain itu para pelaku UMKM yang hadir meminta untuk dibuatkan wadah grup komunikasi keberlanjutan kegiatan ini.