Warta USM

Kampus

Pelatihan Penggunaan Augmented Reality Dalam Pembelajaran di SMA Laboratorium UPGRIS Semarang

SEMARANG- Universitas Semarang (USM) memiliki Tridharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh para dosen di kampus USM, salah satunya adalah melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Di kampus USM ada tiga dosen Fakultas Teknik Elektro yaitu Puri Muliandhi, S.T., M.T., Elfira Nureza Ardina, S.T., M.Tr.T, dan Taufiq Dwi Cahyono, S.T., M.T yang melaksanakan kegiatan PKM berupa penggunaan Augmented Reality (AR) di ranah pembelajaran di SMA Laboratorium UPGRIS Semarang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang kelas XII IPS 2 SMA Laboratorium UPGRIS Semarang yang dihadiri oleh para siswa-siswi dan medapatkan apresiasi yang baik dari Kepal Sekolah serta guru-guru.
Menurut Puri, kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang Teknologi AR di kalangan para siswa dan siswi SMA. Kegiatan menggunakan teknologi AR memiliki manfaat seperti menambah ilmu tentang teknologi 3 Dimensi (3D), selain itu dapat membantu menambah pengalaman dalam penggunaan teknologi 3D dalam pembelajaran di kelas.

“Pada kegiatan ini, kami memberikan materi dan pelatihan dalam teknologi 3D dengan menggunakan AR, selain itu kami juga memberikaan materi tentang implementasi AR dalam pembelajaran,” ungkap Elfira Nureza Ardina.
Diharapkan dengan kegiatan tersebut, para siswa-siswi SMA Laboratorium UPGRIS mendapatkan pengetahuan tentang teknologi AR yang kedepannya mereka dapat mengimplementasikan dan memberikan pengetahuan AR dalam pembelajaran di kelas.

To Top