Fakultas

Pelatihan Social Cognitive Career Theory oleh Dosen Psikologi USM

SEMARANG-Di era industry 4.0 saat ini, minat semakin menentukan kesuksesan dalam pengembangan karir kerja. Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Psikologi Universitas Semarang baru-baru ini memberikan pelatihan tentang Social Cognitive Career Theory untuk mendukung kesuksesan karir kerja bagi karyawan PT BPR Artha Tanah Mas. Pelatihan diadakan pada hari Sabtu tanggal 1 Oktober 2022 di kantor PT BPR Artha Tanah Mas, diikuti oleh lebih dari 30 orang karyawan.

“Dalam mengembangkan karir kerja, harus memperhatikan minat yang ada dalam diri setiap karyawan,” kata Dr Constantinus S.Pi S.Psi MM MM M.Psi Psikolog, Dosen Fakultas Psikologi Universitas Semarang yang menjadi trainer dalam pelatihan tersebut. “Minat dalam diri seseorang berperan pada kesuksesan karir kerja karena berhubungan dengan self-efficacy, beliefs, outcome expectation, dan goal dalam bekerja”.

Lebih lanjut Constantinus menjelaskan bahwa self-efficacy adalah rasa percaya diri seseorang dalam menyelesaikan suatu tugas, beliefs adalah kepercayaan atau keyakinan bahwa apa yang dikerjakannya adalah berguna, outcome expectation adalah ekspektasi tentang hasil yang dapat dicapai, sedangkan goal adalah target yang harus dicapai.

Hermiana Vereswaty S.Psi M.Psi, Dosen Fakultas Psikologi memberikan training¬† tentang macam-macam minat kerja menurut Holland Codes. “Ada minat kerja realistik yang suka bekerja dengan peralatan, ada minat kerja investigative yang suka mendalami suatu ilmu untuk menyelesaikan masalah yang kompleks ada minat kerja artistic yang suka bekerja kreatif untuk mengahasilkan sesuatu yang inovatif.”

Lebih lanjut Vereswaty menjelaskan tentang minat social yang suka melayani orang lain, enterprising yang suka melakukan transaksi bisnis, dan convensional yang suka menyusun rencana kerja dan laporan menggunakan angka-angka.

Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan sampai akhir, diselingi dengan joged dan menyanyi bersama. Rina Sulistyo Utami S.Pi selaku Direktud Utama PT BPR Artha Tanah Mas mengatakan bahwa pelatihan ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya memperhatikan minat guna mewujudkan produktivitas dan meniti karir di tempat kerja.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama jajaran komisaris, direksi, trainer dan panitia dari mahasiswa Psikologi Universitas Semarang, dan seluruh peserta pelatihan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top