Fakultas

Himateta USM Gelar PkM Kembangkan Kreasi Inovasi Berbasis Teknologi Pertanian Di Gonoharjo Kendal

Posted on

KENDAL – Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (HIMATETA) Universitas Semarang (USM) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dengan tema “Kembangkan Kreasi Dan Inovasi Berbasis Teknologi Pertanian” pada Minggu, 21 Agustus 2022 di Balai Desa Gonoharjo, Kendal.

Dalam sambutannya Ketua Jurusan Teknologi Hasil Pertanian USM Ika Fitriana STP MSc, mengatakan bahwa Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk membentuk karakter dan kepribadian mahasiswa yang memiliki jiwa sosial terhadap sesama serta mengimplementasikan pengetahuan yang dimiliki mahasiswa khususnya pengetahuan di bidang teknologi hasil pertanian serta berperan aktif dalam kehidupan masyarakat, tujuan bagi masyarakat sendiri yaitu menambah pemahaman mengenai pengolahan hasil pertanian yang ada di daerahnya.

“Pengabdian masyarakat ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa, dengan diadakannya secara offline mahasiswa dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat. Sekaligus dapat memperkenalkan Universitas Semarang khususnya Jurusan Teknologi Hasil Pertanian kepada masyarakat,” jelas Ika.

“Di Desa Gonoharjo terdapat hasil pertanian yaitu jagung. Pada acara ini dijelaskan bagaimana pengolahan jagung menjadi tepung dan pengolahan tepung menjadi produk makanan jadi yaitu cookies. Selain itu acara ini juga bermaksud untuk memperkenalkan Universitas Semarang khususnya Fakultas Teknologi Pertanian kepada masyarakat umum,” tambahnya.

Pengabdian Masyarakat ini ada 4 acara yaitu pembukaan, demo masak, kerja bakti dan lomba untuk anak-anak. Pada pembukaan dilakukan penyerahan plakat sekaligus kepada Kepala Desa yaitu Ibu Sriyatun.

Pada demo masak dihadiri ibu-ibu desa Gonoharjo, produk yang dibuat yaitu tepung dari jagung dan olahannya jagung cookies. Setalah demo masak selesai dilanjut dengan kerja bakti. Kerja bakti ini dihadiri oleh bapak- bapak desa Gonoharjo. Kita bekerja sama membersihkan lingkungan balai desa dengan senang.

Di sana kita menyediakan minuman dan makanan. Setelah selesai kerja bakti kita lanjut dengan acara lomba, dilomba kali ini kita mengadakan 5 jenis lomba yaitu lomba balap karung, makan kerupuk, memasukkan pensil ke dalam botol, pecah air dan estafet tepung. Lomba ini dilaksanakan secara individu, kecuali estafet tepung kita membagi 6 kelompok.

Di acara lomba ini kami menyediakan makanan dan minuman. Di lomba kali ini kita mencari 3 pemenang, dan memberi hadiah. Setelah lomba selesai kita penutupan dengan didampingi ibu Sriyatun, dipenutupan ini sekaligus memberi seperangkat alat kebersihan. Dan tidak lupa kita foto bersama.

Most Popular

Exit mobile version