Uncategorized

Dua Tim Kewirausahaan Mahasiswa USM Lolos Dalam Ajang Expo Wiarusaha Tingkat Nasional di Surabaya

Surabaya-Dua tim kewirausahaan Universitas Semarang (USM) yang digawangi oleh Silvi Febrianti, Fitri Novitasari, Ahmad Dhofir, Eudia Beta Christy, Naomi Marchelin Ananda Christry, dan Felipe Fajar Dimas Kharisma dinyatakan lolos dan berhak memamerkan produk wirausahanya dalam ajang Expo KMI (Kewirausahaan Mahasiswa Indoensia) XIII tahun 2022 yang kali ini diadakan di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur pada tanggal 21-25 November 2022.

Ajang ini  merupakan pameran dan kompetisi wirausaha mahasiswa tingkat nasional. Mengusung tema “Entrepreneurship Change To Good Life”, Expo KMI XIII tahun 2022 ini diikuti oleh 235 perguruan tinggi baik negeri dan swasta dari seluruh penjuru Indonesia dengan total peserta sekitar 3.000 mahasiswa.

USM sendiri memamerkan produk wirausaha mahasiswa yaitu UD. Zeta Bacteria (Usaha Probiotik Hewan Ternak untuk Peternak Unggas) dan Batik Mangrove Nusantara. Zeta Bacteria sendiri merupakan bakteri alami yang diproduksi oleh Eudia Beta Christy dan tim untuk membantu peternak seperti ayam, bebek, sapi, dan kambing memperoleh hasil yang maksimal karena dengan pakan yang dicampur dengan Zeta Bacteria akan dapat meningkatkan imunitas ternak dan hasil telur (untuk ayam dan bebek) yang lebih baik seperti layaknya telur omega. Sedangkan Batik Mangrove Nusantara yang diproduksi oleh Silvi Febrianti dan tim adalah batik yang dibuat dengan pewarna alami dari daun dan batang pohon mangrove.

Kompetisi-kompetisi yang diikuti USM dalam ajang Expo KMI XIII tahun 2022 ini antara lain adalah KMI Award, Poster Competition, Business Model Canvas Competition, dan Funny Promotion Social Media Competition. Selain itu terdapat pula event Sarasehan Pengelola Kewirausahaan Mahasiswa yang diikuti oleh dosen pembina kewirausahaan, Sarasehan Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan yang diikuti oleh Wakil Rektor III USM, dan pertemuan dengan investor.

Ketua Entrepreneurship Developent Center (EDC) USM, Febrian Wahyu Christanto menuturkan, “Ajang Expo KMI XIII ini diharapkan dapat terus meningkatkan bakat dan minat mahasiswa Indonesia dalam berwirausaha karena ajang-ajang kewirausahaan seperti ini adalah ajang membangun networking antar pengusaha dan ajang untuk bertemu para investor usaha. Semoga USM juga mendapatkan juara di event ini sehingga meneruskan tradisi USM juara seperti pada event-event kewirausahaan sebelumnya”.

“Jadi wirausaha itu berarti membuka lapangan pekerjaan baik bagi dirinya sendiri dan juga bagi orang lain. Jadi selain berpahala membuka jalan rejeki orang lain juga membuka jalan rejeki untuk dirinya sendiri. Berwirausaha itu sekarang lebih enak karena jadi bos di tempatnya sendiri dan sekarang dukungan pemerintah sangat powerful di bidang ini melalui kredit lunak dan hibah-hibah yang diberikan sehingga memudahkan wirausaha untuk berkembang”, tutup Febrian.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top