Kampus

Kembangkan Smart Campus, USM Gandeng Telkom

SEMARANG– Rektor Universitas Semarang (USM) Dr Supari MT bertekad menjadikan kampusnya yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta Tlogosari Ssemarang ini sebagai Smart Campus.

Hal ini disampaikan Dr Supari saat melakukan kunjungan ke PT Telkom di Jakarta bersama Pembina Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo IPU didampingi Ketua UPT Komputer USM Saiful Hadi MKom pada Kamis, 19 Mei 2022.

Kunjungan diterima oleh Chapter Leader Go To Market Simon Karo Karo bersama tim IoT Telkom Adelia dan Gladis.

“USM sudah saatnya menjadi Smart Campus, banyak sumber daya insani baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa yang akan mengimplementasikan Internet of Things (IoT) di kampus USM dan kedepan bisa bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang untuk pengembangan Smart City” ungkap Dr Supari.

“USM juga sudah menerapkan IoT dan Green Campus diantaranya lampu di Gedung Menara USM “Prof Dr Muladi SH” menggunakan sensor gerak yiatu ketika ruangan tidak dipakai lampu akan mati secara otomatis dan baru nyala ketika ada gerakan, selain itu taman USM juga sumber listriknya menggunakan solar cell yang ramah lingkungan dan hemat energi” tambahnya.

Menurut Supari bahwa Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) USM Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani MT bersama dosen elektro Andi Kurniawan MT dan Harmini MEng telah mengembankan Sistem Monitoring Dan Passanger Information System Bus Trans Semarang.

Dengan adanya kunjungan ini nantinya akan dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara USM dan PT Telkom guna mengembangkan smart campus, sebelumnya USM dan PT Telkom juga telah menggealar workshop IoT yang diikuti mahasiswa dan dosen dari Teknik Elektro, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika baru-baru ini.

USM memiliki 17 program studi yang terdiri dari program diploma III manajemen perusahaan, adapun program sarjana terdiri dari manajemen, akuntansi, ilmu hukum, teknik elektro, teknik sipil, perencanaan wilayah dan kota, teknologi hasil pertanian, psikologi, sistem informasi, teknik informatika, ilmu komunikasi, dan pariwisata. Semenetara program pascasarjana terdiri dari magister manajemen, magister hukum, dan magister psikologi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top