Kampus

Universitas Semarang Support Kegiatan Peradi Kendal

SEMARANG – Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kendal menjalin kerja sama dengan Universitas Semarang (USM). Kesepahaman DPC Peradi Kendal dengan Universitas Semarang (USM) sebagai institusi Akademik ini ialah berkaitan dengan kerja sama Tridharma Perguruan Tinggi dan kerja sama Penyelenggaraan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA).

Acara Penandatanganan Kerjasama digelar pada Kamis (10/03/2022) di RM Lumintu Kota Kendal. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula beberapa tokoh penting dari Universitas Semarang yakni Rektor USM DR. Supari, S.T., M.T., didampingi Direktur Pasca Sarjana Universitas Semarang DR. Indarto, SE. MSI., dan Kaprodi Magister Hukum Universitas Semarang, Dr. Drs. H. Kukuh Sudarmanto, B.A., S.Sos., S.H., M.M., M.H.

Hadir pula DR. H. D. Junaedi, SH. SPN. Dan Andreas Haryanto, SH. MH. Selaku Korwil Peradi Jawa Tengah sebagai perwakilan DPN Peradi, Subur Isnadi, SH. sebagai Ketua DPC Peradi Kendal, Boma Priya Wibawa, SH. sebagai Sekretaris DPC Peradi Kendal, Irwan Dwi Setiawan, SH. MH sebagai Ketua Bidang Pendidikan beserta Pengurus Harian dan segenap anggota DPC Peradi Kendal.

Subur Isnadi, SH. sebagai Ketua DPC Peradi Kendal menyampaikan Peradi Kendal merupakan organisasi profesi yang berfungsi mewadahi Advokat, khususnya di wilayah Kendal, DPC Peradi Kendal senantiasa berdedikasi untuk melahirkan banyak advokat-advokat muda dan berbakat. Salah satu caranya ialah dengan mengadakan PKPA (Pendidikan Khusus Profesi Advokat) dan pendidikan berkelanjutan lainnya.

“Kedepannya, kerja sama dengan Universitas Semarang dengan DPC Peradi Kendal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan PKPA yang digelar oleh Peradi serta dapat meningkatkan sinergitas dengan Lembaga Pendidikan dalam mencetak banyak advokat yang professional”. Subur Isnadi, SH. Menambahkan.

Irwan Dwi Setiawan, SH. MH,  selaku Ketua Bidang Pendidikan DPC Peradi Kendal yang juga alumni FH Universitas Semarang menambahkan. “PKPA Angkatan Ke-I hingga Ke-IV telah diikuti oleh setidaknya 96 peserta, 60 orang telah mengikuti UPA (Ujian Profesi Advokat) di tahun 2021 dan 2022, dengan prosentase kelulusan tahun lalu 90%, dan 7 orang diantaranya telah disumpah sebagai advokat”.

Indarto, SE. MSI. selaku Direktur Program Pascasarjana Universitas Semarang sebagai Mitra Penyelenggara PKPA dengan DPC Peradi Kendal dalam sambutannya berharap Kerjasama ini dapat dilanjutkan, dan disisi lain juga banyak Anggota DPC Peradi Kendal dan Alumni PKPA Kendal yang menempuh kuliah magister hukum di kampus Universitas Semarang.

Rektor Universitas Semarang, DR. Supari, S.T., M.T. menyambut baik penandatanganan Kerjasama ini, kampus sebagai pusat pemikiran-pemikiran perlu memikirkan permasalahan yang ada disekitarnya. Rektor berharap Kerjasama dapat makin erat dengan DPC Peradi Kendal sebagai Organisasi profesi yang juga sudah memiliki instrument dan SDM yang mumpuni.

“Jika DPC Peradi Kendal ingin mengadakan pelatihan atau kegiatan-kegiatan bisa mengadakan Kerjasama dengan Universitas Semarang yang juga memiliki narasumber dan fasilitas penunjang, dan harapannya agar terjalin Kerjasama yang lebih luas dengan Universitas Semarang”. Rektor USM menambahkan.

Dr. H. D. Junaedi SH. SpN selaku Korwil Peradi Jawa Tengah menyampaikan DPN Peradi akan sangat mengapresiasi acara penandatangann MoU ini yang akan menindaklanjuti berbagai macam kegiatan salah satunya melanjutkan program PKPA. “Kedepannya agar kegiatan seperti ini dapat ditingkatkan kualitasnya”. pungkasnya.

Acara Penandatanganan Kerjasama Universitas Semarang dengan DPC Peradi Kendal ini ditutup dengan tukar menukar cinderamata dan Launching Ceremony Pembukaan Pendaftaran Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Angkatan ke-V yang pelaksanaannya akan diadakan pada bulan Juni 2022 nanti.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top