Kampus

USM Akan Mewarnai Pembangunan SDM di Merauke

SEMARANG – Universitas Semarang (USM) akan mewarnai pembangunan sumber daya manusia (SDM) khususnya generasi muda untuk membangun Kabupaten Merauke lebih maju.

Hal itu diungkapkan Rektor USM, Dr Supari ST MT dalam penandatanganan kerja sama antara USM dan Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke, pada Selasa (6/9/2022) di Ruang Rektor USM, Lantai 2 Gedung Menara USM.

Naskah kerja sama ditandatangani Rektor USM Dr Supari ST MT dan perwakilan dari Kabupaten Merauke yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Pemerintah Merauke, Drs Agustinus Joko Guritno MSi.

Supari mengatakan, USM akan mulai mengembangkan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang penelitian dan pengabdian, maupun pendidikan di Kabupaten Merauke.

“Baru saja tadi USM menandatangani perjanjian kerja sama dengan Pemda Kabupaten Merauke. Setelah ini kami berharap agar USM itu mulai mengembangkan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi baik itu di bidang penelitian, pengabdian, maupun pendidikan di Kabupaten Merauke dan seluruh Indonesia,” kata Rektor.

Menurutnya, saat ini Kabupaten Merauke mengirimkan 7 mahasiswa untuk belajar di USM. Pihaknya masih membuka lebar untuk masyarakat Merauke melanjutkan kuliah di USM.

“Kami berharap, setelah 7 mahasiswa ini, Pemda Merauke akan menambah mahasiswa lagi untuk kuliah di prodi S1 maupun magister di USM,” ujarnya.

”Di Kabupaten Merauke juga ada perguruan tinggi negeri, kami berharap juga bisa bekerja sama antara USM dan seluruh entitas yang ada di Kabupaten Merauke,” tambahnya.

Rektor berpesan kepada mahasiswa dari Merauke yang menempuh pendidikan di USM agar membuka mata, membuka telinga, membuka hati, membuka pikiran, bahwa yang dipelajari di USM bukan hanya pelajaran di dalam kelas ole para dosen, tetapi juga pendidikan kultur masyarakat di Kota Semarang.

“Silakan dilihat, silakan dipelajari untuk nanti dikembangkan untuk membangun Kabupaten Merauke pada saatnya nanti adik-adik kembali ke Merauke. Saya kira Kota Semarang dan USM ini bisa menjadi salah satu contoh referensi mengembangkan Kota Merauke suatu saat nanti dengan bekal studi di USM. Tujuan utama adik-adik datang ke Semarang adalah untuk menyelesaikan studi dari USM untuk membangun Kabupaten Merauke,” tandasnya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Pemerintah Merauke, Drs Agustinus Joko Guritno MSi berharap, putra-putri terbaik dari Merauke bisa belajar di USM dengan nyaman sehingga bisa selesai tepat waktu.

”Manfaatkan kesempatan kuliah di USM dengan agar lulus menjadi sarjana unggul dan berkompeten di bidangnya supaya adik-adik nanti bisa kembali ke Merauke untuk memajukan Kabupaten Merauke.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top