Fakultas

Dosen FE USM Berikan Pelatihan Penetapan Strategi Product Brandg Bagi Kelompok UMKM Kelurahan Muktiharjo Kidul Semarang

SEMARANG- Tim pengabdian kepada masyarakat (PkM) Fakultas Ekonomi Universitas Semarang telah memberikan Pelatihan Penetapan Strategi Product Branding Bagi 25 pelaku UMKM Kelurahan Muktiharjo Kidul di Kantor Kelurahan Muktiharjo Kidul, Jalan Sidomukti I / 24 Semarang pada hari Selasa (14/11/2023).

Kegiatan tersebut didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Semarang.

Tim Pengabdian yang diketuai oleh Adhi Pradiptya.,S.E., M.M. beranggotakan Susanto, S.E., M.M, dan Citra Andriani Kusumawati, S.E., M.M. memberikan pelatihan mengenai pentingnya strategi product branding bagi sebuah UMKM, mereka mengajak para pemilik UMKM di kelurahan Muktiharjo Kidul untuk secara langsung praktek membuat strategi product branding sesuai dengan produk UMKM masing-masing.

Ketua Tim PKM, Adhi Pradiptya mengatakan bahwa product branding adalah cara membuat persepsi positif tentang produk, perusahaan, maupun layanan yang diberikan oleh perusahaan, dalam hal ini adalah pelaku UMKM kelurahan muktiharjo kidul,  sehingga konsumen bisa membedakan bisnis pelaku UMKM dengan pesaing.

“Branding yang efektif dan tepat dapat mempengaruhi pengembangan UMKM, menaikkan nilai jual produk, serta mampu menarik perhatian calon konsumen baru,” tambahnya.

Lebih lanjut Deisy Bertha Senduk selaku koordinator UMKM Kelurahan Muktiharjo Kidul menyatakan bahwa sebagian besar pemilik UMKM memiliki permasalahan yang sama, yaitu  kurangnya pemahaman mengenai produk branding. Kebanyakan dari pelaku bisnis UMKM masih menilai jika hanya dengan memiliki logo dan label, berarti mereka sudah memiliki brand. Harapannya dengan pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman para pelaku UMKM mengenai pentingnya sebuah product branding yang pada akhirnya akan meningkatkan penjualan produk UMKM Kelurahan Muktiharjo Kidul.

Sementara Susanto, S.E., M.M. menyatakan bahwa inti utama product branding UMKM adalah identitas atau wajah yang ingin ditunjukkan brand UMKM kepada masyarakat luas. Melalui pelatihan dan pendampingan yang dilakukan kepada anggota kelompok UMKM Kelurahan Muktiharjo Kidul, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang harapannya akan menaikkan nilai jual produk serta mempertahankan bahkan menarik calon konsumen baru.

Citra Andriani Kusumawati, S.E., M.M. menambahkan saat ini banyak sekali UMKM yang menghasilkan produk-produk kreatif dan memiliki harga jual tinggi. Dengan pelatihan ini diharapkan produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM dari Kelurahan Muktiharjo Kidul dapat berkembang hingga ke kancah global.

To Top