Entertainment

Festival Bulan Bahasa 2022 sebagai Ajang Mencari Bakat Siswa MAN 1 Kota Semarang

SEMARANG – Oktober merupakan bulan yang ditetapkan sebagai bulan bahasa karena pada tanggal 28 Oktober merupakan hari Sumpah Pemuda. Dan untuk memperingati bulan bahasa, MAN 1 Kota Semarang menyelenggarakan festival bulan bahasa yang diramaikan dengan kegiatan lomba-lomba dan sarasehan.

Lomba-lomba dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Oktober 2022 dengan menyelenggarakan berbagai lomba sebagai berikut; lomba Pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Arab, Pidato Bahasa Jawa, Pidato bahasa Inggris, Storytelling, Musikalisasi Puisi, Drama, poster dan Fashion show. Lomba-lomba diikuti oleh perwakilan kelas dari kelas 10 sampai kelas 12.

Puncak peringatan bulan bahasa dilaksanakan tgl 29 Oktober 2022 dengan menyelenggarakan seminar yang bertema “Teater dan Keteateran” yang diisi oleh Ahmad Fauzan dari UIN Walisongo Semarang. Dalam pemaparannya Fauzan menyampaikan bahwa dalam dunia keteateran unsur-unsur konsentrasi, pernafasan, vocal, gerak dan karakterisasi mempunyai peran yang sangat penting untuk menghasilkan karya teater yang berkualitas.

“Untuk mencapai kualitas yang baik unsur-unsur tersebut diperlukan latihan-latihan yang rutin dan berkesinambungan,” ungkapnya.

Peringatan Puncak festival Bulan Bahasa diikuti oleh perwakilan siswa setiap kelas yang berjumlah 260 siswa. Peserta sangat antusias dengan kegiatan tersebut sehingga mengikuti rangkaian acara sampai selesai.

Dalam sambutannya kepala MAN 1 Kota Semarang menyampaikan bahwa generasi muda adalah harapan untuk masa yang akan datang sehingga siswa harus berorganisasi untuk melatih kemampuan dan mentalnya sebagai bekal kehidupan yang akan datang.

“Pemuda jangan menggantungkan kepada orang tua, karena kehidupanmu untuk masa yang akan datang,” tuturnya.

Di tempat terpisah waka kesiswaan MAN 1 Kota Semarang Rosidi menyampaikan bahwa festival Bulan Bahasa dapat digunakan untuk menggali potensi-potensi yang dimiliki oleh siswa MAN 1 Kota Semarang sehingga akan memudahkan madrasah dalam mengirimkan delegasi dalam perlombaan-perlombaan diluar madrasah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top