Fakultas

Mahasiwa Teknik Elektro USM Laksanakan Uji Kompetensi Vokasional

SEMARANG – Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Semarang (FT-USM) melaksanakan Uji Kompetensi Vokasional di Laboratorium Instalsi Listrik Gedung A pada Selasa (1/11/2022).

Uji Kompetensi Vokasional diikuti oleh 13 mahasiswa Jurusan Teknik Elektro USM dan dihadiri oleh asesor PT Sertifikasi Ketenagalistrikan Mahatma (SEKEMA) Bandung Derman ST MT.

PT SEKEMA merupakan lembaga sertifikasi tenaga teknik ketenagalistrikan yang siap membantu dalam sertifikasi sumber daya manusia dengan program UU Ketenagalistrikan No.30 Tahun 2009.

“Bahwa setiap tenaga teknik yang bekerja dibidang ketenagalistrikan, wajib memiliki sertifikat kompetensi dan menjalankan program pemerintah UU Cipta Kerja Tahun 2021,” jelas Derman.

Menurut Dosen Teknik Eletro USM ini PT SEKEMA turut aktif dalam menumbuh-kembangkan program sertifikasi kompetensi bagi tenaga tenik ketenagalistrikan diseluruh Indonesia.

“Hal ini guna mendukung program pemerintah dalam bidang ketenagalistrikan. Salah satunya dengan bekerjasama dengan Jurusan Teknik Elektro USM, okupasi jabatannya yaitu pelaksana utama bidang pemasangan dan pembangunan instalasi serta pelakana utama bidang pemeriksaan dn pengujian instalasi pemanfaatan tenaga listrik tegangan rendah (level 3),” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Jurusan Teknik Elektro USM Dr Ari Endang Jayati ST MT mengatakan, kegiatan ini guna mencetak lulusan yang memiliki daya saing yang tinggi dengan memiliki sertifikat kompetensi.

“Kegiatan ini diharapkan agar alumni nantinya akan memiliki daya saing yang tinggi dalam dunia kerja dengan memiliki sertifikat kompetensi sebagai pendamping ijazah. Pengakuan terhadap sertifikat kompetensi ini tentu saja memiliki pengakuan yang lebih tinggi oleh industri,” harap Ari.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top