Kampus

USM – Pemkot Semarang Jalin Kerja Sama, Hendrar Prihadi : Untuk Membangun Sinergitas antara Kota dan Institusi Pendidikan

SEMARANG – Universitas Semarang (USM) dan Pemerintah Kota Semarang menjalin kerjasama guna membangun sinergi antara kota dan institusi pendidikan untuk saling mengisi dengan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat maupun civitas akademika USM.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor USM Dr Supari ST MT dengan Wali Kota Semarang Dr Hendrar Prihadi SE MM di Ruang Teleconference Gedung Menara “Prof Dr Muladi SH” USM pada Kamis, 1 September 2022.

Hadir dalam kesempatan tersebut Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Sudharto P Had MES PhD, Anggota Pembina Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo IPU, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Ir Hj Kesi Widjajanti SE MM.

Hendrar Prihadi yang akrab disapa Hendi berharap dari penandatanganan ini dapat muncul sinergitas antara kota dan institusi pendidikan.

“Dari MoU ini akan tumbuh sinergi antara kota dan institusi pendidikan untuk saling mengisi dengan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat maupun civitas akademika USM,” ungkap Hendi.

Hendi mengatakan, USM dengan Pemerintah Kota Semarang sudah sejak lama merencanakan berbagai agenda anatara lain diskusi pembukaan klinik, pemasangan pipa resapan, dan lain-lain.

“Saya berharap, kerja sama ini akan menjadikan Kota Semarang sebagai salah satu kota dengan kualitas sumber daya dan kualitas hidup terbaik di Indonesia. Dengan kekompakan, persatuan, dan gotong royong merupakan salah satu cara kolaborasi menjadikan USM menjadi stake holder yang hebat, serta mewujudkan Kota Semarang yang semakin hebat,” kata Hendi.

Dr Supari mengatakan, USM merupakan salah satu unsur terkecil di Kota Semarang. Sehingga dengan penandatanganan MoU ini menjadi pendukung program Pemerintah Kota Semarang.

“Terkait bidang pendidikan, USM dapat menjadikan Kota Semarang sebagai laboratorium untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia, riset dan juga pengabdian masyarakat,” ujar Dr Supari.

Ia menambahkan dalam sambutannya tujuan dari kesepakatan kerja sama ini adalah untuk bersama-sama meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kerja sama yang meliputi bidang penelitian, pengabdian, dan tentunya pengajaran yang akan dilakukan bersama-sama saling mendukung satu sama lain antara USM dan Pemkot Semarang,” tandasnya.

Menurut Supari, dalam pendidikan, kepedulian, dan kelestarian alam mahasiswa USM baru-baru ini telah melakukan penanaman pohon mangrove dalam upaya pencegahan abrasi didaerah pesisir.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top